Selasa, 01 Desember 2015

YUAN CHINA RESMI JADI MATA UANG INTERNASIONAL


SAVE - Sesuai dengan rencana, pada Senin 30 November 2015, Dana Moneter Internasional atau IMF akhirnya mencantumkan yuan China sebagai mata uang internasional.  

Yuan China saat ini masuk kedalam keranjang Special Drawing Rights (SDR) bersama beberapa mata uang internasional lainnya, seperti dolar AS, euro, yen, dan poundsterling.

Yuan China yang masuk dalam SDR merupakan tonggak penting untuk masuk ke dalam sistem keuangan global. Untuk menuju masuk ke dalam SDR, China sudah melakukan reformasi kebijakan keuangannya pada beberapa bulan terakhir, misalnya dalam hal akses yang lebih baik bagi orang asing ke dalam pasar mata uang China. Selain itu, adanya pengeluaran dan menambahkan waktu perdagangan yuan.

Harapan Managing Director IMF Christine Lagarde, agar langkah China mereformasi sistem pasar keuangannya tidak berhenti secepat itu. 

"Masuknya renminbi dalam SDR sebagai indikasi yang jelas dari reformasi yang telah diimplementasikan dan akan terus diimplementasikan," tutur Lagarde, Selasa (1/12/2015) 

(Baca juga: NASIB YUAN MENJADI MATA UANG INTERNASIONAL DITENTUKAN OLEH IMF)

Sementara itu pihak, Bank Sentral China atau The People's Bank of China menjelaskan, beberapa negara seperti AS dan Inggris juga ikut mendukung langkah tersebut, hal ini merupakan gambaran bahwa dunia internasional ingin China berperana lebih dalam ekonomi dunia.  

"China akan terus melanjutkan memperdalam dan mengakselerasi reformasi ekonomi dan keuangan yang lebih terbuka, dan bisa bekontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dunia, menjaga stabilitas dan tata kelola keuangan dan ekonomi global," jelas pernyataan The People's Bank of China .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar