Kamis, 03 Desember 2015

INDONESIA MERUPAKAN NEGARA PENGIKUT THAILAND

SAVE - Pesaing utama Indonesia dalam mengadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yaitu Thailand.
Namun, menurut Deputi Bidang Industri dan Perdagangan Kemenko bidang Perekonomian Edy Putra Irawady, jika dibandingkan dengan Indonesia, maka Thailand lah yang lebih unggul, sebab Thailand berhasil menghasilkan inovasi baru, mereka menjadi pemenang dan kita menjadi pengikut Thailand.
“Jadi kita harus mengikuti tren kemasan internasional, supaya akses lebih tinggi. Kita sama dengan Thailand yang bersaing inovasi. Kita juga sama-sama Thailand bersaing ekspor udang berkepala. Namun Thailand langsung bilang ekspor langsung berubah menjadi udang siap masak. Nak kita ikut lagi Thailand yang buat udang siap masak juga,” ucap Edy, Kamis (3/12/2015).
“Jadi selama ini kita menjadi follower Thailand,” sambungnya.
Menurut beliau, agar Indonesia maju dan menjadi champion, pemerintah harus segera melakukan perwujudan Kawasan Ekonomi Khusus,Kawasan Industri, dan buat Pusat Logistik Berikat. Hal ini kemungkinan akan mendorong inovasi dari produk kita agar mampu meningkat.
“Semua itu yang akan mampu menghasilkan inovasi-inovasi baru. Dan semua itu yang akan memperkuat produk-produk kita nantinya. Kita yang nantinya akan diikuti oleh negara lain,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar