Rabu, 02 Desember 2015

KUARTAL KETIGA EKONOMI AUSTRALIA TUMBUH DI 0,9%

SAVE - Pertumbuhan ekonomi Australia tumbuh berada di angka 9%, sementara pada kuartal September tingkat tahunan mencapai 2,5%, pada Rabu (2/12/2015) data resmi ditunjukan, terhadap Mentri Keuangan Scott Morrison, dan menangani perbaikan peningkatan dari pertumbuhan berbasis ledakan sumber daya ke yang lebih tinggi.

Angka pertumbuhan kuartal ketiga tersebut hampir mencapai prediksi dari para analis dan perbaikan perlambatan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya, yang mengalami perbaikan menjadi 0,3% yang dilakukan Biro Statistik Australia.

“Ada beberapa sinyal positif peningkatan ekonomi dan beberapa sinyal bahwa ekonomi kami sedang menuju kea rah yang benar,” jelas Morrison.

Sebelumnya Australia belum pernah mengalami keluar ledakan investasi pertambangan, selain itu mentri Keuangan juga mengatakan bahwa ekonomi telah berkembang memenuhi kondisi-kondisi yang baru.

“Transisi sedang berlangsung dalam perekonomian kami ,” ucapnya.

“Tahap selanjutnya dari transisi pertumbuhan Australia untuk bisnis di sektor-sektor ekonomi non-sumber daya untuk meningkatkan investasi mereka,” imbuhnya.

Data tersebut menunjukan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga yaitu ekspor barang dan jasa, terkonsentrasi di komoditas tambang, namun konsumsi rumah tangga juga mengalami peningkatan. Para analis telah memprediksi pada kuartal ketiga meningkat 0,8% dan untuk tahun hingga September sebesar 2,4%. Munculnya angka terbaru setelah bank sentral Australia memutuskan untuk menahan tingkat suku bunganya di tingkat terendah bersejarah 2,0% untuk bulan ketujuh selama berturut-turut, kemarin Selasa (1/12/2015). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar