Selasa, 15 Desember 2015

BANK DUNIA: PEREKONOMIAN RI HADAPI BERBAGAI TANTANGAN, TERUTAMA KENAIKAN SUKU BUNGA AS

SAVE - Hingga akhir tahun ini perekonomian Indonesia masih mengahadapi berbagai tantangan. Bahkan, di tahun depan tantangan ini masih akan berlanjut.
Tantangan utamanya yaitu, rencana kenaikan tingkat suku bunga The Fed.
“Ekonomi Indonesia masih menghadapi tantangan. Pasar masih terus mengantisipasi kepastian kenaikan Fed Fund rate, mungkin hari ini atau besok,” ucap Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves, Selasa (15/12/2015).
Menurut beliau, jika tingkat suku bunga AS naik, kemungkinan akan membuat perekonomian terus mengalami guncangan. Tidak hanya mengenai kenaikan suku bunga AS, namun tantangan lainnya seperti menurunnya harga komoditas juga harus dihadapi.
“Global market dan financial market masih akan volatile, ini merupakan tantangan bagi Indonesia,” ucapnya.
Walaupun demikian, di tahun depan perekonomian Indonesia kemungkinan masih akan tumbuh membaik, pastinya dengan adanya dorongan komitmen kebijakan infrastruktur dari pemerintah.
“Pemerintah harus komitmen terhadap pembangunan infrastruktur. Ekonomi Indonesia masih akan volatile di 2016. Tapi masih ada potensi untuk tumbuh,” kata Rodrigo.
Dalam kesempatan yang sama, Ekonomi Utama Bank Dunia, Ndiame Diop menambahkan, tantangan perekonomian Indonesia masih akan berlanjut di tahun mendatang.
Selama tahun2015 ini, Indonesia mengalami berbagai risiko ekonomi.
“Di tahun2016 kami melihat Indonesia masih akan mengalami tantangan. Sementara tahun 2015 ini Indonesia masih menghadapi berbagai risiko,” tutur Ndiame. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar