Kamis, 03 Desember 2015

DUA HAL YANG DAPAT MENDORONG RI DALAM MENGHADAPI MEA

SAVE - Edi Putra Irawady, Debuti Bidang Industri dan Perdagangan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, saat ini masalah yang sedang dialami Indonesia adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun mendatang.
“Masalah yang kita hadapi saat ini MEA. Hadapi perekonomian global kita lakukan kebijakan transformasi ekonomi nasional,” ucapnya, Kamis (3/12/2015).
Menurut beliau, ada dua hal yang dapat mendorong Indonesia, dalam menghadapi permasalahan MEA seperti, memperluas kegiatan industri jasa dan perdagangan.
"Memperluas kegiatan jasa-jasa misalnya karaoke keluarga ya benar sebagai karaoke keluarga. Kita juga harus kuasai perdagangan, ini yang utama," kata Edi.
Selain itu, Edi melanjutkan, perlu adanya kegiatan yang dapat mendorong ekonomi pedesaan dengan mempersiapkan perangkat desa secara cepat.
"Ekonomi pedesaan mozaik ekonomi nasional supaya kegiatan ekonomi desa diperluas dan dipercepat layanannya. Perangkat desa disiapkan," tuturnya.
Ia mengatakan, selain itu juga perlu adanya peningkatan inklusivitas jasa keuangan di pedesaan agar masyarakat dapat melakukan pembiayaan yang lebih terbuka.
"Dorong finansial inklusi agar pergerakan ekonomi pedesaan peroleh pembiayaan lebih terbuka," kata Dia.
Akibat uang yang beredar cukup besar, maka pedesaan juga perlu mendorong himpunan tabungan masyarakat terutama di desa. "Terakhir, menghimpun tabungan masyarakat di desa dan kota karena banyak peredaran uang, mendorong tabungan masyarakat," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar