Jumat, 08 April 2016

SUDAH 3 KALI BERTURUT-TURUT MENURUN, PENURUNAN KEEMPAT LEBIH KETAT

SAVE - Bank Indonesia (BI)telah menurunkan tingkat suku bunga BIrate selama tiga kali berturut-turut sepanjang tahun 2016 ini. Jika dilihat secara keseluruhan, BI rate sudah mengalami penurunan sebesar 0,75% basis poin (bps) yang saat ini masih bertahan di posisi 6,75%.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, keputusan kembali penurunan BI rate akan dilakukan dengan lebih ketat jika dibandingkan dengan keputusan 3 kali penurunan sebelumnya di 2016.

“Dalam RDG (Rapat Dewan Gubernur) kemarin di bulanan, BI mengatakan bahwa jika kita akan melakukan perubahan stance, maka kita perlu dengan sangat berhati-hati, lantaran kita melihat bahwa memang semua tergantung pada tersedianya dan dukungan dari data, namun kondisinya sudah harus sangat berhati-hati,” ucapnya.

Prinsip hati-hati ini dilakukan karena kondisi saat ini berbeda dengan saat 3 kali penurunan BI rate sebelumnya yang dinilai masih memiliki lebih banyak ruang moneter.
Agus juga berkata, selain harus berhati-hati dengan kondisi saat ini, pihaknya masih akan memperhatikan perkembangan stabilitas ekonomi dunia selum kembali melakukan penurunan BI rate dalam waktu dekat. 

Namun, kita juga perlu memperhatikan perkembangan ekonomi dan stabilitas sistem keuangan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar