Jumat, 29 April 2016

BI: EKONOMI RI DIPERKIRAKAN AKAN TUMBUH DI 5,6%

SAVEBank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2016 ini akan tumbuh di sekitar 5,2% hingga 5,6% dan masih akan berada di dalam tren meningkat untuk jangka menengah, seiring dengan meningkatnya kapasitas perekonomian.

Adanya peningkatan kapasitas perekonomian tersebut, inflasi kemungkinan dapat terjaga sesuai dengan target di sekitar 4±1% di tahun 2016 hingga 2017 dan dalam jangka waktu menengah berada di 3,5±1%.

“Struktur perekonomian yang lebih baik dan sumber pertumbuhan yang lebih terdiversifikasi, devisit transaksi berjalan diprediksi akan tetap terkendali pada tingkat dan berada di tingkat yang aman, dengan struktur yang lebih baik,” ucap Guberbur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.

Prospek ekonomi domestik jangka menengah berada di zona yang terus meningkat didukung oleh perekonomian global yang semakin membaik dan kebijakan struktural pemerintah di sektor rill yang dapat mengatasi berbagai tantangan struktural.

Selanjutnya, koordinasi antara Bank Indonesia bersama pemerintah dalam mewujudkan reformasi struktural juga harus tetap dilakukan.

Koordinasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam menjawab berbagai isu struktural, seperti ketahanan pangan, energi dan air, peningkatan daya saing industri nasional, dan memperbaiki sektor maritim dan pariwisata. Selain itu, pembiayaan pembangunan berkesinambungan, ekonomi yang lebih inklusif serta penguatan modal dasar pembangunan.

Sudah waktunya reformasi diarahkan untuk meningkatkan daya saing industri nasional, termasuk hilirisasi, jika dibiarkan akan cenderung tergerus oleh kekuatan ekonomi baru di kawasan.

Kebijakan yang terkoordinasi ini sangat diperlukan dalam pengembangan industri nasional karena dapat mendorong pertumbuhan dan pemerataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar