Selasa, 26 April 2016

KUARTAL I/2016 LABA PERUSAHAAN CHINA MENURUN

SAVEPada kuartal l/2016, keuntungan perusahaan yang berasal dari China mengalami penurunan sebesar 13,8% dari tahun sebelumnya, meski tingkat penurunan sedikit mereda dari 2 bulan pertama tahun ini.

Berdasarkan dari Reuters, Selasa (26/4/2016), pada kuartal pertama total keuntungan perusahaan China mencapai sebesar 432,3 miliar yuan atau sekitar US$66,56 miliar, sementara pendapatan menurun 3% menjadi 9,95  triliun yuan.

Sementara, keuntungan bagi perusahaan farmasi dan petrokimia mengalami peningkatan yang cukup besar, dan keuntungan pada perusahaanbahan bangunan, elektronik serta tembakau anjlok dari tahun sebelumnya. Selain itu, tercatat kerugian juga dialami oleh perusahaan batu bara, baja, dan logam.

Data tersebut tidak termasuk penghasilan dari perusahaan keuangan milik negara. Keuntungan di perusahaan pusat yang di kelola mengalami penurunan sebesar 13.2% dalam tiga bulan pertama dari tahun sebelumnya.Pada kuartal pertama penurunan laba pada perusahaan China menurun secara signifikan dari sebelumnya di 40,9% menjadi 15,8% dalam dua bulan pertama di tahun ini.

Selain itu, pertumbuhan aset di BUMN China pada kuartal pertama tidak mengalami perubahan dari periode Januari hingga Februari sebesar 15,6%, sedangkan kewajiban meningkat pada posisi 18,1%, angka tersebut lebih cepat dibandingkan dengan kenaikan 17,9% dalam dua bulan pertama di tahun 2016 ini.

Saat ini China terus berusaha mendorong untuk merestrukturisasi sektor milik negara, namun kemajuan ekonomi tersebut justru melambat. Dalam 7 tahun dikuartal pertama pertumbuhan ekonomi China berada di kecepatan paling lambat. Namun, indikator dari sektor konsumen, investasi dan pabrik menunjukan tanda-tanda bahwa akan ada perubahan perlambatan ekonomi China.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar