Selasa, 12 April 2016

ADA TIGA SENTIMEN EKSTERNAL YANG DAPAT MEMPENGARUHI EKONOMI HARI INI

SAVE - Sentimen dari luar negeri masih akan terus memberikan pengaruh terhadap pergerakan ekonomi. Terlebih bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.

Melansir IDX Channel, Jakarta, Selasa (12/4/2016), ada tiga sentimen yang saat ini cukup memberikan pengaruh terhadap perekonomianIndonesia. Yang pertama, inflasi China selama Maret mencapai 2,3% yoy. Sedangkan harga komoditas harga grosirmengalami deflasi 4,3%. Angka tersebut masih sama dengan Februari 2016.

Selain itu, untuk sentimen yang kedua yaitu berasal dari bursa komoditas. Dimana harga karet mengalami rebound untuk pengiriman September 2016. Melihat Tokyo Commodity Excange, harga karet mengalami kenaikan 4,63% atau 8,2poin menjadi 185.00 yen/kg.

Dan untuk sentimen yang ketiga, berasal dari pertemuan Menteri Luar Negeri dan negara maju yang ikut bergabung dalam G-7membahas sengketa dan potensi ekonomi di Laut China selatan. Pertemuan ini dilkukan di Hirosima, Jepang hari ini.

Ada beberapa negara yang telah mengklaim memiliki Laut China Selatan diantaranya Vietnam, Filipina, Brunei, Malaysia dan Taiwan. Sementara untuk anggota G-7 adalah Inggris, Jerman, Kanada, Prancis dan Italia serta Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar