Senin, 11 April 2016

BANK DUNIA: ADA KEMUNGKINAN BI RETE TURUN LAGI

SAVE - Bank Dunia menilai, saat ini kondisi ekonomi Indonesia tengah menunjukan perbaikan yang berarti. Rendahnya inflasi dan mulai membaiknya perekonomian, merupakan modal bagus bagi Indonesia.

Ndiame Diop, Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia mengatakan, kondisi pergerakan ekonomi Indonesia yang lebih baik memungkinkan bank sentral Indonesia (BI) untuk melakukan penurunan kembali terhadap suku bunga BI rate.

“Indonesia merupakan negara yang ekonominya berbeda dengan negara lain. Di negara lain, ruang (pelonggaran moneter) itu lebih kecil. Sementara di Indonesia dengan inflasi rendah, ruang pelonggaran moneter itu masih bisa terjadi,” ucapnya, Senin (11/4/2016).

Walaupun demikian, BI diminta tidak melalaikan kondisi ekonomi dunia, lantaran sedikit banyak  akan ikut mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia. Sehingga, penurunan BI rate ini seharusnya dilakukan secara berkala.

Selama tahun 2016 Bank Indonesia (BI) telah melakukan penurunan terhadap BI rete secara tiga kali berturut-turut. Penurunan tersebut digarapkan membuat perbankan Indonesia lebih kompetitif, kerana dapat menyalurkan kredist dengan bunga lebih rendah.

Dampak selanjutnya, pada kalangan usaha dapat memanfaatkan kondisi tersebut dengan melakukan pengajuan pinjaman usaha ke perbankan yang akhirnya dapat mendorong percepatan roda ekonomi nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar