Jumat, 27 November 2015

POSISI PEREKONOMIAN RI DI ASEAN


SAVEPerlambatan ekonomi global juga memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi regional Asia Tenggara. Selain itu, ekonomi jangka menengah di wilayah ASEAN dikhawatirkan akan sulit untuk tumbuh jika ASEAN selalu bergantung pada ekonomi global. 
Oleh karena itu, diverifikasi dari ekonomi ASEAN agar menghindari dari bahan-bahan mentah dianggap sebagai hal penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi ASEAN. 
Dalam jangka waktu panjang, diversifikasi ekonomi ASEAN akan memeberikan keuntungan bagi setiap negara yang dapat menawarkan barang dan jasa, tidak termasuk Indonesia. Syaratnya, Indoneisa harus melaukan penawaran barang dan jasa yang berada dari negara lainnya di ASEAN.
Di level ASEAN pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai cukup memberikan harapan baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek, pendapat pemerintah yang memanfaatkan pembangunan sebagai investasi dapat memberikan stimulusbagi perekonomian Indonesia, yaitu melalui penyerapan tenaga kerja. 
"Pemerintah Indonesia secara strategis telah mengambil keuntungan saat harga-harga melonjak dan memberikan investasi jangka panjang yang cocok dengan Indonesia. Namun, saat ini merupakan kesempatan yang baik bagi pembuat kebijakan untuk melihat kesempatan dalam industri dan high skill manufacture serta layanan jasa untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih naik," ucap Economic Advisor ICAEW Danae Kyriakopoulou, Jumat (25/11/2015).
Dalam sektor jangka panjang, Institute of Chartered Accountants in England dan Wales (ICAEW) memprediksikan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di level ASEAN akan semakin membaik hingga tahun 2020 mendatang. Pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) Indonesia diproyeksikan tertinggi kedua di ASEAN yang mencapai sedikit di bawah 6%. Sedangkan GDP tertinggi pada 2020 diprediksi akan diperoleh Vietnam dengan pertumbuhan GDP mencapai 7%.
Indonesia yang terlihat memiliki masa depan yang cerah di ASEAN, juga diharapkan terus aktif untuk meningkatkan infrastruktur dalam jangaka panjang. Sehingga proyeksi 2020 ini bukan hal yang tidak mungkin untuk di capai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar