Kamis, 26 November 2015

DOLAR AS MERUPAKAN MATA UANG DUNIA


SAVE - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI) Mirza Adityaswara mengatakan, penggunaan dolar AS diseluruh dunia membuat mata uang Amerika ini menjadi superior. Kegiatan apa saja dalam perekonomian dunia, selalu bersangkutan dengan dolar AS.

"Kita mau impor barang, dari Selandia Baru bayarnya pakai dolar AS, impor dari China bayarnya juga dolar AS. Investasi juga pakai dolar AS. Utang juga dari luar negeri pakai dolar AS. Memang dolar AS itu mata uang dunia," ucapnya, Kamis (26/11/2015).
Posisi dolar AS sebagai mata uang dunia lainnya, Mirza juga mengatakan Gubernur bank sentral AS, The Fed, Jannet Yellen merupakan powernya dunia. "Sehingga gubernur bank sentral AS itu gubernur yang powernya dunia. Itu yang harus dipahami," tambahnya.
Ia menambahkan, sementara untuk mata uang dunia lainnya, seperti Yen yang telah menurunkan bunganya tidak memberikan dampak tehadap investasi dunia. Menurutnya,  mata uang Yen jepang ini masih belum terlalu banyak digunakan sebagai mata uang dunia. "Mata uang Eropa sudah banyak. Untuk cadangan devisa, untuk utang, kita juga pemerintah sudah utang dengan Euro," tutur Mirza.
Mirza melanjutkan, kebijakan The Fed yang akan menaikan tingkat suku bunganya kemungkinan besar akan memberikan pengaruh terhadap arus modal di dunia. "Harus pahami The Fed. Suka tidak suka, sehingga kalau BI bicara The Fed. Itu yang kita hadapi," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar