Jumat, 27 November 2015

EKONOMI FILIPINA 6%, TERCEPAT DI ASIA


SAVE - Pada kuartal III-2015 pertumbuhan ekonomi Filipina tumbuh di 6%, angka tersebut menjadi ekonomi Filipina yang tumbuh tercepat di Asia pada tahun 2015 ini.
Melansir dari BBC, Jumat (27/11/2015), Sekretaris Perencanaan Ekonomi Filipina, Arsenio Balisacan menuturkan, angka pertumbuhan tersebut membuktikan bahwa negara tersebut stabil. Filipina  ini merupakan negara yang memiliki ekonomi terbesar kelima di ASEAN.  
Sementara dibandingkan kuartal II-2015, pertumbuhan ekonomi Filipina di kuartal III-2015 hanya tumbuh di angka 1,1%. Hal ini juga dibawah ekspektasi para pelaku ekonomi. 
Melalui hasil pertumbuhan ini, Balisacan memperkirakan, sepanjang tahun 2015 ini ekonomi Filipina tumbuh di 6%. 
Pendorong tervesar pertumbuhan ekonomi Filipina yaitu sektor jasa, sejalan dengan investasi dan belanja anggaran pemerintah.
Menurut Ekonom Barclays, Rahul Bajoria, nampaknya ada kenaikan investasi di sektor konstruksi dari pemerintah.
Anggaran infrastruktur negara ini telah mengalami peningkatan tiga kalo lipat, semenjak Benigno Aquino menjadi presiden Filipina 5 tahun lalu.
Walaupun demikian, pembangunan rel kereta, pelabuhan, jalan, dan pembangunan tetap belum sesuai rencana dan mundur dari jadwal. Situasi infrastruktur yang masih belum memadai ini menyebabkan biaya ekonomi hingga US$ 60 juta per hari di Filipina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar