Senin, 26 Maret 2018

RUPIAH BERGERAK NAIK TIPIS

SAVEPada perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah dibuka sedikit menguat terhadap dolar AS. Rupiah mampu memanfaatkan USD yang sedikit tertekan.

Di pasar spot, rupiah dibuka di posisi Rp13.775/US$, angka ini menguat 0,04% diibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya. Namun seiring perjalanan, rupiah berbalik melemah ke posisi Rp13.780/US$.

Pergerakan rupiah ini sejalan dengan mata uang Asia lainnya yang menguat terhadap dolar AS. Bahkan, won Korea juga mampu bergerak menguat hingga lebih dari 2%.

Kondisi dolar AS saat ini memang kurang baik. Dollar Index, yang mencerminkan posisi dollar AS terhadap enam mata uang utama, melemah 0,01%. Pelemahan ini melanjutkan koreksi sejak sepekan terakhir yang mencapai 0,38%.

Sementara, dolar AS yang sempat bergerak menguat berbalik arah melemah dalam sepekan terakhir. Investor menjatuhkan dolar AS lantaran sedikit kecewa dengan hasil pertemuan The Fed yang belum ada kepastian.

Ketidakpastian tersebut membuat investor memilih untuk beralih ke obligasi atau emas dibandingkan dolar AS.

Selain itu, ancaman mengenai perang dagang global juga membuat pelaku pasar gugup dan cenderung mengamankan asetnya di instrumen safe havens. Ini terlihat dari kenaikan harga emas dunia yang pagi ini mencapai US$1.350,76/ons, tertinggi dalam lima pekan terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar