Selasa, 20 Maret 2018

BURSA JEPANG MEMERAH TERIMBAS SAHAM FACEBOOK

SAVE - Pergerakan bursa saham Jepang di Tokyo terlihat gagal untuk bergerak menguat di zona hijau sepanjang perdagangan hari ini.

Indeks Nikkei berakhir menurun sebesar 99,93 poin atau 0,47% menjadi 21.380,97. Sedangkan untuk indeks Topix juga bergerak turun 3,68 poin atau 0,21% ke posisi 1.716,29.

Bursa saham Jepang yang mengalami koreksi masih mendapat dorongan dari aksi jual saham sektor teknologi, setelah skandal bocornya data-data pengguna Facebook yang menyebabkan bursa saham AS ikut menurun. Selain itu, para investor juga khawatir akan adanya tindakan baru bagi perusahaan teknologi setelah terjadinya pelanggaran data di Facebook.

Harga saham teknologi besar di Asia tercatat mengalami penurunan dengan aksi jual yang tinggi seperti Sony anjlok hingga 1%, dan saham Hong Kong Tencent, AAX technologies hingg Samsung juga ikut melemah.

Terjadinya kebocoran data tersebut juga langsung menjatuhkan saham Facebook hingga 6,8%, serta mempengaruhi penurunan harga saham perusahaan teknologi lainnya seperti Apple, Google, dan saham Alphabet dan Netflix.

Sementara penurunan saham Facebook ini menyusul laporan bahwa 50 juta data pengguna Facebook telah dicuri untuk mempengaruhi pemilihan lewat aplikasi yang menarik pengguna untuk menjawab profil psikolog.

Hal ini, membuat pemerintah AS dan Inggris juga ikut melakukan permintaan untuk menyelidiki kebocoran data tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar