Selasa, 14 Juni 2016

PERTUMBUHAN EKONOMI RI SANGAT BERGANTUNG PADA CHINA

SAVE - Setelah mengalami pertumbuhan double digit, perekonomian China ini perlahan menunjukan titik keseimbangan baru. Hingga saat ini, pertumbuhan ekonominya masih terus mengalami perlambatan.

Pada periode I-2016, pertumbuhan ekonomi China hanya tumbuh di 6,7%, atau melemah jika dibandingkan dengan posisi periode sama tahun lalu sebesar 7%.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi China yang mengalami perlambatan juga berpengaruh terhadap negara lain. Indonesia sendiri juga terimbas dampak yang paling besar dibandingkan dengan negara lain, hal ini dikarenakan China merupakan tujuan utama ekspor Indonesia.

“Gejolak pertumbuhan ekonomi China memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya. Tujuan ekspor Indonesia saat ini 20% ini ke China,” ucap Kepala Grup Ekonomi Direktorat Kebijakan Ekonomi Bank Indonesia, Yoga Affandi, Selasa (14/6/2016).

Apapun yang  terjadi pada Produk Domestik Bruto (PDB) China juga akan memperngaruhi PDB Indonesia. Dan setiap penurunan pertumbuhan ekonomi China 0,5% maka akan berdampak pada penurunan ekonomi Indonesia sebesar 0,1%.

Sementara, berdasarkan data BI, jika perlambatan ekonomi China terjadi selama 12 kuartal, maka pertumbuhan ekonomi  Indonesia juga akan ikut menurun sebesar 0,84%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar