Senin, 20 Juni 2016

MENDAG: KONDISI EKONOMI SAAT INI MASIH BELUM STABIL

SAVE - Thomas Trikasih Lembong seorang Menteri Perdagangan menilai, saat ini kondisi ekonomi dunia masih menghawatirkan. Walaupun demikian, Indonesia masih memiliki peluang besar untuk menstabilkan kondisi ekonominya.

“Meskipun secara pribadi saya cukup mengkhawatirkan ekonomi dunia dan risiko eksternal, namun bagaimana posisi kita sebagai pemerintah dan sepertinya semua tidak ada masalah. Jika menghitung peluang, maka peluang Indonesia untuk meningkat ini jauh lebih baik. Peluang menuju kondisi lebih baik itu jauh lebih besar,” ucapnya, Senin (20/6/2016).

Selain itu, faktor utama yang menyebabkan Indonesia memiliki peluang untuk melakukan perbaikan yaitu reformasi kebijakan yang dilakukan pemerintah Presiden Jokowi. Walaupun semua reformasi tersebut tidak memberikan kemajuan, namun komitmen reformasi struktural dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah gejolak perekonomian global.

Beliau mengatakan, sikap yang dilakukan Jokowi dan JK yang cenderung pragmatis dan mengabil langkah layaknya wirausaha akan menjadi pendorong reformasi struktural yang dilakukan Indonesia.

“Ini akan menjadi pendorong reform di negara ini, pendekatan yang mulai terjadi dari atas sudah masuk ke dalam meskipun secara perlahan,” tambah Lembong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar