Rabu, 29 Juni 2016

GEJOLAK BREXIT BIKIN PASAR ASIA MENARIK

SAVE - Saat ini pasar keuangan dunia tengah diguncang isu Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Akibat isu tersebut banyak aliran dana yang keluar dari Uni Eropa dan sekitarnya.

Aliran dana tersebut sebagian besar telah mengalir ke pasar saham Asia, termasuk Indonesia.

“Bisa dibuktikan, yang menarik pasar Eropa menurun, kita (BEI) tiga hari terakhir asing selalu melakukan net buy (beli bersih). Pada hari pertama sebanyak Rp600 miliar, kedua Rp800 miliar, dan yang ketiga Rp400 hingga Rp500 miliar. Hari ini pasar kembali mengalami kenaikan. Justru pasar Asia jadi menarik,” ucap Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (29/6/2016).

Sebelumnya, pasar saham Asia juga sempat mengalami kekhawatiran jual akibat Brexit. Namun hal tersebut hanya berlangsung sementara.

“Iya psikologis, semua menahan diri, sebab semua orang ingin uangnya ditempat yang aman, safe haven. Emas kan lebih aman, harga minyak bergejolak, pasar modal dia lihat stock picking dimana, Indonesia banyak perusahaan consumer bagus dianggap aman,” ucapnya.

Jika dilihat Indonesia dan South Eash Asia tidak banyak memberikan pengaruh. Indonesia positif dengan Inggris, mestinya tidak ada permasalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar