Rabu, 07 September 2016

SETELAH BREXIT, INGGRIS INGIN AUSTRALIA JADI MITRA DAGANG PERTAMA

SAVESetelah memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa atau Brexit, Inggris dikabarkan mulai membuka pembicaraan awal dengan Australia yang membahas mengenai gari besar masa depan perdagangan besar kedua negara. Kabarnya pejabat Inggris dan Australia ini telah melakukan pertemuan sebanyak dua kali selama tahun ini.

Berdasarkan dari BBC, Rabu (7/9/2016), pertemuan yang dilakukan yaitu membahas mengenai perameter kerja sama kedua negara tersebut, dengan harapan dapat mencapai kesepakatan ambisius dan komprehensif. Australia sendiri telah ditentukan oleh Inggris sebagai mitra dagang pertama setelah terjadinya Brexit. 

Selain itu, Menteri Perdagangan Internasional Inggris Liam Fox dan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Steven Ciobo kemungkinan akan berbagi komitmen yang kuat dalam berpolitik serta perdagangan liberalisasi. Walaupun demikian, masih belum adanya kesepakatan yang tercapai hingga negosiasi Inggris dan UE diperkirakan akan rampung hingga tahun 2019 mendatang, dimana bergantung pada kecepatan negosiasi tersebut.

Ciobo juga mengatakan, jika Inggris ingin meninggalkan UE, maka harus sesuai dengan pasal 50 yang dimana perjanjian membutuhkan kurang lebihnya dua hingga satu setengah tahun untuk rampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar