Senin, 19 September 2016

BI: PERTUMBUHAN EKONOMI SEMAKIN TINGGI, DIDORONG PENDALAMAN PASAR KEUANGAN

SAVEBank Indonesia (BI) mengamati pentingnya pendalaman pasar keuangan atau financial deepening dalam perekonomian Indonesia.

Pendalaman pasarkeuangan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam kajian ekonomi dunia, semakin tinggi pendalaman pasar keuangan maka PDB (produk domestik bruto) sebuah negara juga akan semakin meningkat. 

Saat ini banyak negara yang telah memperoleh manfaat dari pendalaman pasar keuangan. Selain itu, pendalaman pasar keuangan di Indonesia terbilang masih kecil jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga sekawan.

Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai hal contohnya, aset financial Indonesia terhadap PDB yang masih tercatat kecil dibandingkan dengan negara-negara lain sekawan, dan pasar oblogasi yang hanya mencapai 15% dari PDB.

Oleh karena itu, BI mendorong pasar modal untuk melakukan peranan yang lebih besar dalam upaya pendalaman pasar keuangan.

Bank sentral juga telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk mendukung pendalaman pasar keuangan. Salah satu upaya yang dilakukan BI yaitu menetapkan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebagai suku acuan pengganti BI rate.

Optimistis terhadap pendalaman pasar keuangan, maka pertumbuhan ekonomi nasional dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar