Selasa, 15 November 2016

YUAN MELEMAH KE TITIK TERENDAHNYA

SAVEBank sentral China, People’s Bank of China, kembali melemahkan nilai tukar yuan terhadap dolar AS hingga ketitik terendahnya dalam 8 tahun terakhir.

Berdasarkan dari AFP, Selasa (15/11/2016), tukar yaun atau renminbi mengalami penurunan hingga ke posisi 6,8495/US$, atau turun 0,3% sejak hari kemarin.

Beberapa pekan sebelumnya, pergerakan nilai tukar yuan terhadap dolar AS sempat mengalami penurunan hingga ke posisi terendahnya dalam 6 tahun terakhir. Hal ini terjadi akibat ekspektasi The Fed yang berencana akan menaikan tingkat suku bunga acuannya.

Hari ini, pergerakan nilai tukar yuan semakin mengalami tekanan. China hanya memperbolehkan yuan untuk bergerak naik dan turun maksimal 2% dalam sehari.

Meski demikian, para analis memprediksikan, China kemungkinan akan melakukan investasi agar mata uang yuan tidak jatuh terlalu dalam.

Seperti yang diketahui, pada bulan Agustus tahun lalu, China secara mengejutkan melakukan pelemahan terhadap mata uangnya sendiri. Kondisi ini membuat para investor melepaskan yuan, dan banyak dana yang keluar dari China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar