Kamis, 10 November 2016

PACSA KEMENANGAN TRUMP, HARGA MINYAK DUNIA NAIK

SAVEHari ini, harga minyak dunia kembali mengalami kenaikan karena pasar keuangan AS kembali bangkit setelah Donald Trump memenangkan Pilpre AS kemarin.

Berdasarkan dari Reuters, Kamis (10/11/2016), harga emas berjangka AS hari ini diperdagangkan di posisi US$45,27/barel atau naik 29 sen. Sedangkan untuk harga minyak Brent naik sebesar 31 sen atau 0,67% menjadi US$46,35/barel, setelah sempat anjlok hingga ke posisi US$44,40/barel, atau terendah sejak 11 Agustus.

Pada awal sesi perdagangan, harga minyak mentah telah anjlok sebesar 4%, setelah hasil pemilihan presiden AS. Minyak mentah AS mengalami penurunan mendekati posisi US$43/barel atau mendekati posisi terendah dua bulan.

Aksi jual merupakan bagian dari reaksi pasar berbasis luas di mana investor melarikan aset berisiko seperti saham dan USD, yang telah mengalami perubahan positif. Harga minyak sempat mengalami kejatuhan setelah data permintaan mingguan menunjukan build lain dan persediaan minyak mentah AS, namun pada akhirnya pasar tampak melewatinya.

Selain itu, pada pekan lalu stok minyak AS mengalami kenaikan sebesar 2,5 juta barel, satu juta lebih dari yang diperkirakan para analis.

Kemenangan Trump membuat Organisasi Nagara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengalami prospek peningkatan produksi minyak AS, dan menimbulkan kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi di masa depan dan permintaan minyak.

Sementara kritik kesepakatan nuklir Barat dengan Iran yang dilontarkan Trump telah memungkinkan Teheran untuk meningkatkan ekspor minyak mentah tajam di tahun ini. Dan Trump harus tetap berkomitmen dengan kesepakan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar