Selasa, 20 Februari 2018

BURSA ASIA BERGERAK DI JALUR MERAH

SAVEPergerakan bursa saham Asia hari ini mengalami koreksi setelah kemarin sempat mencatat penguatan yang solid. Nampaknya bursa saham regional ini terimbas sentimen negatif dari bursa Eropa, yang berada di zona merah.

Hari ini, Selasa (20/2/2018), indeks Nikkei 225 di Jepang tercatat mengalami pelemahan sebesar 0,43% menjadi 22.054,32. Sedangkan indeks Topix juga dibuka turun sebesar 0,41% ke posisi 1.767,96.

Selain itu, dari Korea Selatan, Kospi juga mengalami koreksi hingga 0,39%. Indeks MSCI, yang merupakan kelompok indeks bursa saham Asia Pasifik kecuali Jepang, juga berkurang 0,1%.

Pergerakan yang dialami oleh bursa Asia ini sejalan dengan bursa Eropa yang mayoritas menurun. Indeks FTSE 100 (Inggris) mencatat koreksi hingga sebesar 0,64%. Dan DAX (Jerman) melemah 0,53%, CAC (Prancis) terkoreksi sebesar 0,48%, serta IBEX (Spanyol) turun 0,26%.

Terjadinya volatilitas kemungkinan masih ada seiring dengan perbaikan ekonomi yang sedang berjalan. Investor juga akan kembali mengalihkan perhatian ke AS setelah pasar di sana dibuka kembali. Kedepan, pergerakan pasar sepertinya akan ditentukan oleh AS, apakah bisa pulih atau terkoreksi lebih lanjut.

Sementara Wall Street tidak membuka perdagangan pada awal pekan ini, lantaran memperingati hari kelahiran presiden pertama AS, George Washington.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar