Kamis, 01 Februari 2018

RUPIAH DIPREDIKSI MENGUAT SAAT USD TERTAHAN

SAVEPergerakan kurs dolar AS yang berbalik arah menurun seiring dengan aksi lepas kembali USD memberikan imbas positif bagi pergerakan rupiah sehingga mampu bertahan menguat di atas posisi support Rp13.430/US$.

Nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak di sekitar posisi support Rp13.443/US$ dengan resisten di Rp13.364/US$.

Kondisi tersebut diharapkan dapat menjadi momentum bagi pergerakan rupiah untuk kembali menguat seiring dengan masih adanya sentimen positif.

Sedangkan pada perdagangan kemarin rupiah mampu menguat setelah dolar AS mulai berbalik arah melemah. Adanya pemberitaan mengenai Industri pengolahan yang mencatat nilai ekspor sepanjang Januari hingga Desember 2017 sebesar US$125 miliar.

Angka tersebut memberikan kontribusi tertinggi hingga 76%, dari total nilai ekspor Indonesia yang mencapai US$168,73 miliar, seiring dengan sikap investor di pasar valas yang cenderung menahan diri terhadap dolar AS cukup memberikan sentimen positif bagi rupiah.

Sementara sikap tersebut terjadi setelah pelaku pasar mengamati pidato Presiden Donald Trump di hadapan Kongres, dimana Presiden Trump menginginkan untuk menyetujui setidaknya US$1,5 triliun untuk program pembangunan infrastruktur, namun masih mempermasalahkan soal imigrasi. Selain itu, pelaku pasar juga cenderung menahan diri terhadap hasil rapat FOMC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar