Kamis, 12 Oktober 2017

RUPIAH PALING STABIL DIBANDINGKAN NEGARA LAIN

SAVEBerdasarkan dari analisa tahunan ekonomi global oleh IMF, pergerakan nilai tukar rupiah ini terbilang paling stabil di antara negara lainnya. Bahkan cadangan devisa juga mengalami perbaikan serta tertinggi dalam sejarah.

Selama dua tahun terakhir pergerakan rupiah ini merupakan yang paling stabil dibandingkan dengan negara lain, namun ada satu mata uang yang hampir sama dengan rupiah yaitu mata uang ringgit Malaysia.

Selain itu, cadangan devisa Indonesia saat ini juga mengalami peningkatan tertinggi sepanjang sejarah sebesar US$129,4 miliar, angka tersebut merupakan yang paling baik.

Namun, separuh dari pertambahan cadangan devisa ini merupakan hasil dari utang, hal ini dikarenakan pemerintah telah mengeluarkan bonds.

Meski kondisi perbankan nasional saat ini mengalami perbaikan, namun hal tersebut tidak diikuti oleh pertumbuhan kredit. Ini berdampak pada konsumsi masyarakat Indonesia yang masih belum menunjukan angka signifikan.

Sementara pertumbuhan ekonomi yang cepat, perlu sektor keuangan kredit yang baik. Sektor keuangan yang disalurkan masih terbilang rendah di 46,7% kredit. Sedangkan China dan Korea masih berada di atas 100%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar