Selasa, 17 Oktober 2017

RUPIAH MENGUAT DIDORONG DATA BERIKUT

SAVENilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan sedikit menguat terhadap dolar AS sebesar 4 poin ke posisi Rp13.472/US%, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.476/US$.

Sejumlah sentimen positif domestik terus menjaga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Survei Bank Indonesia yang mengenai peningkatan permintaan kredit dari 13 sektor, sepanjang tahun 2017 pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyentuh ke 5,4%, hingga data BPS pada September 2017 mengalami surplus dan direspon positif oleh pelaku pasar uang.

Melalui surveinya Bank Indonesia telah menyebutkan 13 sektor, diantaranya pertanian, perikanan, pengolahan, listrik (gas dan air), kontruksi, perdagangan besar dan eceran, penyediaan akomodasi (dan penyediaan makan minuman), transportasi (pergudangan dan komunikasi).

Selain itu, BPS juga mencatat necara perdagangan Indonesia pada bulan September 2017 mengalami surplus sebesar US$1,76 miliar.

Sejumlah sentimen positif dari dalam negeri diharapkan tetap bertahan untuk menjaga pergerakan rupiah untuk melanjutkan kenaikannya.

Meski demikian, pelaku pasar harus tetap waspada di tengah kondisi Catalonia yang kembali memanas, kondisi di Eropa yang kurang kondusif kemungkinan dapat menimbulkan dolar AS kembali menguat dan berimbas di kawasan Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar