Selasa, 24 Oktober 2017

MENKEU MENANTI PIMPINAN BARU THE FED

SAVEMenteri Keuangan Sri Mulyani Indawati, saat ini tengah menunggu pergantian pimpinan Bank Sentral AS atau The Federal Reserve. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada perekonomian global termasuk Indonesia.

Menurut beliau, pergantian pimpinan The Fed ini dapat memberikan pengaruh terhadap kondisi perekonomian global, meski kebijakan moneter yang diambil akan bergantung pada data perekonomian AS yang terbaru, terutama data pergerakan harga dan tingkat pengangguran.

Pada dasarnya pergerakan di sektor riil AS dari sisi unemployment maupun dari sisi inflasi harga-harga akan sangat menentukan posisi dari kebijakan The Fed. Selama ini The Fed menyatakan bahwa kebijakan mereka akan sangat bergantung pada data.

Sebelumnya, Gubernur BI, Agus Martowardojo juga sempat menyatakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS beberapa minggu ini cenderung bergerak melemah, hal ini dikarenakan pelaku pasar keuangan melakukan perhitungan dinamika perekonomian global.

Dinamika global yang terjadi antara lain, kenaikan suku bunga acuan The Fed yang akan dilakukan pada Desember atau akhir tahun 2017 ini.

Sementara pasar keuangan juga telah mengantisipasi pergantian Ketua The Fed Janet Yellen dan pergantian pimpinan The Fed pada Februari 2018 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar