Kamis, 26 Oktober 2017

POSTUR APBN 2018 DIRESPONS POSITIF OLEH PASAR UANG

SAVENilai tukar rupiah diperdagangkan menguat sebesar 35 poin terhadap dolar AS ke posisi Rp13.543/US$, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.578/US$.

Sentimen positif dari dalam negeri mampu mendorong rupiah bergerak menguat di jalur positif.

Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2018 yang telah mendapat persetujuan untuk disahkan menjadi undang-undang (UU) yang mencakup postur pendapatan negara Rp1.894,7 triliun dan belanja negara Rp2.220,7 triliun menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah.

Undang-Undang tersebut diantaranya mengenai pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pada posisi 5,4%, inflasi berada di 3,5%, dan nilai tukar rupiah berada di Rp13.400/US$.

Selain itu, adanya harapan positif terhadap kondisi perekonomian nasional ke depan, yang direspons positif oleh pelaku pasar membuat permintaan aset-aset berdominasi rupiah mengalami kenaikan.

Sejumlah sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat menjaga kepercayaan pelaku pasar untuk tetap berinvestasi di dalam negeri dalam jangka waktu yang panjang.

Meski demikian, pergerakan rupiah kemungkinan masih akan tertahan menyusul adanya peluang yang cukup lebar bagi Bank Sentral AS untuk menaikan tingkat suku bunga acuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar