Rabu, 04 Oktober 2017

DOLAR AS MELEMAH TERHADAP BEBERAPA MATA UANG DUNIA

SAVENilai tukar rupiah diperdagangkan menguat terhadap dolar AS sebesar 89 poin ke posisi Rp13.453/US$, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.542/US$.

Dolar AS bergerak melemah terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah di tengah ekspektasi pasar terhadap data tenaga kerja AS versi ADP (Automatic Data Processing) yang kemungkinan menunjukan jumlah yang lebih sedikit pada September dibandingkan bulan Agustus.

Ekspektasi tersebut terjadi akibat terkena dampak dari badai yang melanda di sebagian wilayah Amerika Serikat.

Meski demikian, penguatan yang dialami rupiah relatif terbatas menyusul adanya komentar dari pejabat Bank Sentral AS mengenai optimistis dalam menaikan tingkat suku bunga acuan The Fed, kondisi tersebut dapat mendorong penguatan dolar AS.

Selain itu, Presiden Donald Trump yang berencana untuk memangkas pajak juga akan memiliki pengaruh penting bagi pergerakan dolar AS.

Sementara proposal pemangkasan pajak yang diajukan oleh Trump mendapat dukungan dari partai Republik yang di Congress AS, bahkan mengusulkan agar pemangkasan tersebut lebih besar termasuk pemangkasan pajak atas keuntungan investasi (capital gains) dan menghilangkan premi untuk Obama Care.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar