Jumat, 08 September 2017

SENTIMEN DALAM NEGERI DORONG KENAIKAN RUPIAH

SAVEPergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan menguat sebesar 10 poin terhadap dolar AS ke posisi Rp13.300/US$, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.310/US$.

Nilai tukar rupiah yang mengalami penguatan terjadi di tengah sentimen globalyang cukup bervariasi, ha ini menunjukan kondisi di dalam negeri cukup kondusif.

Rendahnya defisit anggaran pada akhir Agustus 2017 yang mencapai 1,65% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp224,3 triliun dibandingkan dengan periode sama tahun lalu di 2,09% serta peluang ekonomi Indonesia menjadi lima besar oleh PricewaterhouseCoorpers (PwC), dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang masih tetap optimistis, telah menjaga pergerakan rupiah.

Sementara Bank Indonesia menyatakan dalam surveinya bahwa keyakinan konsumen pada Agustus 2017 masih tetap berada di posisi yang optimis. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2017 yang masih tetap tinggi sebesar 121,9, meski lebih rendah 1,5 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya di 123,4.

Selain itu, proyeksi data neraca perdagangan Tiongkok yang akan mencatat pelebaran surplus, juga akan ikut memberikan dampak positif pada fluktuasi mata uang di kawasan Asia, termasuk rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar