Selasa, 26 September 2017

EKONOMI RI DIPERKIRAKAN AKAN TUMBUH DI 5,1% DI TAHUN INI

SAVEAsian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhanekonomi Indonesia di tahun 2017 ini mencapai sebesar 5,1%, dengan komponen pendorong utama yaitu investasi dan ekspor. Meski pada semester I-2017, realisasi pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 5,01%.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia juga masih tetap kuat dan terhindar dari ketidakpastian global, dengan harapan pertumbuhan akan lebih baik di tahun ini.

Angka yang diperkirakan tersebut masih berada di bawah asumsi pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017 sebesar 5,2%.

Selain itu, belanja pemerintah diperkirakan juga akan ikut mendongkrak pertumbuhan di paruh kedua tahun 2017. Sehingga ekonomi bisa kembali bergeliat.

Sementara, investasi swasta diperkirakan akan mengalami kenaikan secara perlahan, seiring dengan dampak positif yang mulai terlihat dari reformasi kebijakan untuk memperbaiki iklim usaha. Di tambah Standard & Poor’s yang baru saja menaikan peringkat negara Indonesia ke investment grade. Hal ini diharapkan dapat mempercepat arus modal yang masuk ke dalam negeri, termasuk investasi langsung asing.

Sedangkan penurunan suku bunga BI 7-daya Reverse Repo Rate yang saat ini berada di 4,25% kemungkinan dapat mendorong pertumbuhan kredit yang cenderung melambat selama 3 tahun  terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar