Jumat, 22 September 2017

RUPIAH MENGUAT KE LEVEL Rp13.325/US$

SAVEHari ini, nilai tukar rupiah diperdagangkan menguat sebesar 14 poin terhadap dolar AS ke posisi Rp13.325/US$ dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.339/US$.

Pergerakan rupiah yang masih berada di jalur positif mengikuti kebijakan dari The Fed yang masih mempertahankan tingkat suku bunga acuannya.

Selain itu, The Fed yang berencana akan melakukan program pengurangan terhadap obligasi juga dapat menimbulkan pasokan dolar AS di pasar menjadi berkurang.

Sementara Indonesia yang memiliki predikat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga pemeringkat internasional, yaitu Moody’s Fitch dan Standart and Poors (S&P) diharapkan dapat menjaga kinerja obligasi di dalam negeri.

Jika sentimen peringkat layak investasi dapat menjaga optimisme investor terhadap Indonesia, maka dapat mendorong pergerakan rupiah untuk kembali melanjutkan kenaikan.

Pada pertemuan 20 September 2017 kemarin, The Fed memutuskan untuktetap mempertahankan tingkat suku bunganya di 1,25% hingga 1,5%, namun The Fed memberikan sinyal akan segera menurunkan posisi neracanya mulai Oktober mendatang sebesar US$4,5 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar