Senin, 29 Agustus 2016

EKONOMI AS KUARTAL II-2016 DIPANGKAS

SAVEPada akhir pekan lalu, Departemen Perdagangan AS memangkas proyeksi pertumbuhanekonomi AS di kuartal II-2016 menjadi 1,1%. Hal ini terjadi lantaran adanya penurunan yang mengejutkan dalam kegiatan ekonomi pada periode tersebut.

Pemangkasan diperkirakan mencapai 0,1% dari proyeksi sebelumnya yang dilakukan pada saat data yang lebih lengkah menunjukan lesunya kondisi belanja negara bagian maupun pemerintah lokal.

Selain itu, angka impor juga tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan estimasi sebelumnya. Walaupun demikian, tanda-tanda penguatan yang terjadi dikuratl II-2016 ini seperti konsumsi rumah tangga dan investasi bisnis direvisi ke atas.

Namun Depertemen Perdagangan AS menyatakan, estimasi tersebut masih kecil, karena gambaran besar pertumbuhan ekonomi pada dasarnya masih belum bisa berubah.

Berdasarkan dari Channel News Asia, Senin (29/8/2016), laba koprasi AS mengalami penurunan dikuartal II-2016 menjadi 24,1 miliar dolar AS.

Sementara pada kuartal sebelumnya, laba korporasi AS tercatat sebesar 66 miliar dolar AS dan menurun 4,9% jika dibandingkan dengan pesiode sama tahun lalu. Dan peningkatan tertinggi dikuartal II-2016 terjadi pada laba perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

Sedangkan penurunan tajam terjadi pada sektor korporasi non keuangan. Penurunan proyeksi yang terjadi pada pertumbuhan ekonomi AS untuk kuartal II-2016 ini telah diprekirakan sebelumnya.

Secara umum para ekonom memperkirakan adanya rebound hingga nyaris 3% untuk kuaral III-2016 ini.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar