Senin, 13 Agustus 2018

PENYEBAB PELEMAHAN RUPIAH TERHADAP USD

SAVEHingga perdagangan siang ini, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin melemah ke posisi Rp14.616/US$. Pelemahan ini terjadi lantaran terimbas oleh dua faktor yaitu global dan domestik.

Dari global, terjadinya perseteruan antara Turki dengan Amerika Seikat menjadi menyebabkan kekhawatiran terhadap kelanjutan negara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut.

Kemungkinan besar Turki dilanda masa resesi atau pertumbuhan ekonomi menjadi minus. Dimana adanya konflik AS dan Turki dapat menyebabkan potensi kelesuan pada negara tersebut.

Selain itu, konflik ini berimbas pada pergerakan nilai tukar euro yang mengalami penurunan sebesar 0,10% terhadap dolar AS. Ditambah Turki juga memiliki potensi penting dari sisi hutang ke Eropa. Penyebab penurunan euro lanran dikhawatirkan eksposure utang Turki ke Eropa akan meningkat hingga potensi default.

Pelemahan mata uang euro juga ikut berpengaruh pada nilai tukar rupiah dengan diringi kuantitas cadangan devisa (cadev) Indonesia yang semakin tergerus. Sementara meningkatnya defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) ikut menambah sentimen negatif bagi pergerakan rupiah di awal pekan ini.

#moneychangersunterjakartautara

savemoneychanger @ptsavemc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar