Kamis, 30 Agustus 2018

DOLAR AS TEMBUS KE REKOR TERTINGGI DI Rp14.729

SAVEHari ini, pergerakan kurs dolar AS terhadap nilai tukar rupiah masih terus menunjukan penguatannya. Bahkan, mata uang Negeri Paman Sam sore ini, melanjutkan posisi tertingginya dalam tiga tahun terakhir yang berada di level Rp14.729.

Mengutip dari data Reuters, Kamis (30/8/2018), kurs dolar AS hari ini berada di Rp14.660 hingga ke Rp14.729. Angka tersebut merupakan posisi tertingginya dalam tiga tahun terakhir, namun masih jauh dari posisi Rp14.855 yang terjadi pada 24 September 2015. Namun, ini menjadi posisi tertinggi dolar AS di tahun 2018.

Sementara tekanan yang terjadi pada rupiah ini disebabkan oleh faktor eksternal, diantaranya yaitu revisi data peoduk domestik bruto (PDB) AS di kuartal II, dari 4,1% menjadi 4,2%. Langkah PBoC yang melemahkan mata uang Yuan di tengah negosiasi sengketa antara AS dengan China yang belum tercapai, dan pelemahan mata uang Argentina peso dan lira Turki.

Bank Indonesia (BI) saat ini masih terus berada di pasar untuk memastikan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah tidak cepat dan tajam. BI juga masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) untuk melakukan stabilitas.

Namun adanya sentimen global, seperti normalisasi kebijakan moneter di AS, ancaman kenaikan suku bunga The Fed hingga perang dagang antara AS dengan China sejak Maret hingga saat ini, membuat dolar AS semakin menguat.

#moneychangersunterjakartautara

savemoneychanger @ptsavemc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar