Rabu, 15 Agustus 2018

BURSA TOKYO BERBALIK MENURUN

SAVEPada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (15/8/2018), pergerakan bursa saham Jepang di Tokyo berakhir menurun, setelah sempat dibuka meningkat. Hal ini dikarenakan krisis mata uang lira Turki menyebabkan kekhawatiran akan menular ke negara berkembang lainnya dan menekan saham Asia.

Pergerakan indeks acuan Nikkei 225 tercatat mengalami penurunan lebih dari 2% pada hari Selasa, dan turun 151,86 poin atau 0,68% ke posisi 22.204,22.

Sedangkan indeks Topix yang lebih luas juga ikut bergerak menurun sebesar 12,92 poin atau 0,76% menjadi ke level 1.698,03.

Sementara pada Jumat akhir pekan kemarin, mata uang Lira jatuh hingga lebih dari 18% terhadap dolar AS, atau ke posisi terendah sepanjang sejarah setelah Presiden Donald Trump menyatakan bahwa ia telah melipatgandakam bea masuk baja dan aluminium Turki.

Para analis juga menuturkan, meski sanksi AS terhadap Turki berdampak pada krisis mata uang itu, namun perekonomian Turki sebenarnya telah bermasalah selama beberapa waktu terakhir akibat tingginya inflasi dan depesiasi lira.

#moneychangersunterjakartautara

savemoneychanger @ptsavemc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar