Selasa, 04 Oktober 2016

EKSPOR IRAN MENINGKAT, HARGA MINYAK DUNIA MENURUN

SAVEPada awal perdagangan hari ini, harga minyak mentah dunia mengalami penurunan akibat terbebani peningkatan ekspor Iran untuk menambahkan kekhawatiran membanjirnya pasokan global. Di samping itu anggota OPEC memberikan penawaran dukungan untuk mengendalikan pasokan pada saat sepakat untuk membekukan produksi mulai tahun ini.

Berdasarkan Reuters, Selasa (4/10/2016), pada perdagangan hari ini, harga minyak mentah berjangka Brent mengalami penurunan sebesar 10 sen menjadi US$50,79/barel. Sedangkan harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) juga menurun 15 sen menjadi US$48,66/barel.

Menurut para pelaku pasar kondisi tersebut dipengaruhi oleh kenaikan penjualan dan produksi minyak mentah Iran yang mencapai sekitar 2,8 jura barel dalam setiap harinya (bpd) pada September. Ada kemungkinan Iran akan terus melakukan peningkatan output mereka pada saat persaingan mereka dengan Arab Saudi masih memanas.

Meski risoko kegagalan masih tetap ada, namun masih ada optimisme bahwa produsen OPEC dan juga eksportir lainnya seperti Rusia, akan mencapai kata sepakat untuk membatasi produksi pada pertemuan November mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar