Kamis, 19 Mei 2016

MENKEU: EKONOMI RI TETAP STABIL, MESKI ADA SPEKULASI THE FED

SAVESpekulasi kenaikan suku bunga acuan yang dilakukan oleh bank sentral AS atau The Fed, berlangsung. Para pelaku pasar memprediksikan kenaikan suku bunga acuan tersebut kemungkinan akan terjadi di bulan Juni mendatang.

Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan, optimistis bahwa perekonomian Indonesia masih akan tetap stabil. Lantaran kenaikan tersebut sudah pernah terjadi di Desember 2015 lalu.

“Saya pikir kita sudah pernah mengalami hal tersebutdi bulan Desember lalu yang naik 25 bps dan ekonomi kita masih bisa stabil,” jelas Bambang, Kamis (19/5/2016).

Ia menuturkan, Spekulasi pasti selalu terjadi, dan juga memberikan pengaruh penguatan nilai tukar dolar AS terhadap beberapa mata uang dunia lainnya.

Spekulasi ini seperti suatu fonomena yang selalu terjadi setiap kali ada statement-statement mengenai kenaikan tingkat suku bunga.Kenaikan suku bunga bank sentral AS ini rencananya akan diikuti oleh penguatan dolar AS. Sementara hari ini, dolar AS mengalami penguatan terhadap rupiah. Dolar AS mencapai ke posisi Rp13.500.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar