Rabu, 08 November 2017

RUPIAH DIPREDIKSI LANJUTKAN PENGUATAN

SAVENilai tukar rupiah yang masih memiliki kekuatan diharapkan dapat kembali berlanjut dengan memanfaatkan pelemahan dolar AS.

Meski demikian, mulai membaiknya dolar AS dan  berbagai sentimen yang dapat kembali menghambat potensi penguatan rupiah juga perlu diwaspadai.

Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan akan berada di sekitar posisi support Rp13.530/US$ dengan resisten di Rp13.488/US$.

Laju rupiah ini mampu kembali berbalik menguat dengan memanfaatkan pelemahan kurs dolar AS terhadap beberapa mata uang lainnya.

Selain itu, rilis GDP yang dianggap masih berada di bawah estimasi dan angka devisa Indonesia akhir Oktober 2017 yang tercatat berada di US$126,4 miliar, dinilai lebih rendah dibandingkan dengan akhir September 2017 di US$129,4 miliar.

BI juga menilai, cadangan devisa ini mampu mendorong ketahanan di sektor eksternal dan menjaga kelanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, ini dapat menopang pergerakan rupiah agar tetap berada di jalur positif.

Sementara masih belum adanya kepastian mengenai pembahasan reformasi sistem perpajakan AS dan tenggat waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan peraturan tersebut membuat pergerakan dolar AS melemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar