Senin, 13 Februari 2017

PERTUMBUHAN EKONOMI JEPANG DIDORONG EKSPOR

SAVEPada kuartal keempat tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Jepang positif didorong oleh ekspor lantaran pelemahan yen. Sedangkan hari ini, data hari ini menunjukan ekonomi Jepang tumbuh sebesar 1,0% secara tahunan pada kuartal IV-2016, angka ini sejalan dengan yang diperkirakan oleh pasar di 1,1% menyusul revisi 1,4% pada periode Juli dan September.

Berdasarkan dari Reuters, Senin (13/2/2017), ekspor Jepang yang tumbuh dikuartal IV mendorong ekonomi di tengah sedikitnya permintaan domestik. Namun, hal ini dapat menyebabkan kekhawatiran terhadap surplus perdagangan yang terus-menerus.

Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Presiden AS Donald Trump yang sebelumnya telah menahan dari retorika melawan Jepang untuk menggunakan stimulus moneter untuk melemahkan yen Jepang dan memperoleh keuntungan dari perdagangan yang tidak adil. Namun, ini justru membuat para analis ragu jika hal tersebut akan berlangsung lama.

Saat ini posisi Jepang masih berada dalam tren pemulihan moderat dan diharapkan momentum positif untuk dipertahankan, namun harus tetap waspada terhadap prospek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar