Jumat, 17 Februari 2017

HARI INI HARGA MINYAK NAIK TIPIS

SAVEPada perdagangan hari ini, Jumat (17/2/2017), pergerakan harga minyak sedikit mengalami kenaikan didorong oleh laporan produsen OPEC mengenai penurunan produksi. Hal ini seiring dengan tujuan untuk mengendalikan overhang pasokan bahan bakar global.

Berdasarkan dari Reuters, harga minyak mentah Brent mengalami kenaikan sebesar 11 sen menjadi US$55,76/barel. Sedangkan untuk harga minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di posisi US$53,46/barel atau naik 10 sen.

OPEC beserta anggota non-OPEC lainnya yaitu Rusia, berupaya untuk memperpanjang pemotongan produksi. Ini dilakukan untuk mendorong menyeimbangkan pasar.

Pemangkasan produksi yang dilakukan oleh OPEC dan anggota non-OPEC telah berhasil membuat minyak Brent dan WTI mengalami peningkatan hingga US$5 pada periode 2017 ini. Namun hingga saat ini, persediaan minyak mentah masih tetap melimpah lantaran peningkatan produksi di AS.

Sementara, permintaan minyak saat ini semakin meningkat. Kondisi ini membuat para eksportir melindungi pelanggan besar mereka dalam persaingan merebut pangsa pasar. Permintaan minyak Asia datang dari China dan India.

Selain itu, permintaan minyak Asia juga telah melampaui Eropa. Hal ini untuk menyiasati penurunan produksi yang dilakukan oleh OPEC, dan data menunjukan ekspor minyak Laut Utara ke Asia menunjukan peningkatan.

Menurut para analis, pasar minyak kemungkinan akan melakukan pengencangan dalam jangka panjang. Permintaan minyak dunia pada kuartal keempat 2018, diperkirakan akan meningkat hingga mencapai 100 juta barel/hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar