Kamis, 08 Desember 2016

HARGA MINYAK MENTAH DUNIA KEMBALI NAIK

SAVEPada perdagangan hari ini, harga minyak dunia mulai bergerak naik didorong oleh tren pelemahan dolar AS menjelang pertemuan The Fed untuk membahas mengenai kenaikan suku bunga acuan. Ditambah menurunnya persediaan minyak mentah di AS sebesar 2,4 juta barel pada pekan terakhir 2 Desember lalu.

Berdasarkan dari Reuters, Kamis (8/12/2016), harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan di posisi US$53,18/barel angka ini naik 18 sen atau 0,34%. Sedangkan untuk patokan harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) juga meningkat sebesar 29 sen atau 0,58% ke posisi US$50,06/barel.

Hasil posotif yang dicetak harga minyak telah didukung oleh upaya OPEC hingga Rusia untuk membekukan produksi dalam upaya mengendalikan pasokan global dan mengimbangkan harga. Selain itu, sentimen positif juga datang dari pelemahan USD untuk membuat harga minyak lebih murah untuk negara-negara pengekspor.

Meski demikian, masih terus munculnya keraguan apakah komitmen OPEC untuk mengurangi pasokan akan mampu mengimbangi pasar dan akan berjalan dengan lancar.

Pada akhir pekan ini, produsen minyak OPEC dan non-OPEC dijadwalkan akan melakukan pertemuan di Austria untuk membahas rincian dari kesepakatan pengurangan produksi yang telah dicapai pada pekan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar