Rabu, 27 Juli 2016

GUBERNUR BI: TAX AMNESTY DORONG RUPIAH STABIL KE LEVEL Rp3.100

SAVE - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam beberapa pekan terakhir terbilang masih stabil. Saat ini mata uang Paman Sam ini berada di posisi Rp13.120. Sejak pekan lalu, pergerakan dolar AS berada di sekitar posisi Rp13.090.

Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia (BI) menilai, saat ini pergerakan rupiah masih berada dalam kondisi yang stabil. Salah satu faktor utama yang mendorong stabilnya rupiah yaitu sentimen positif setelah diberlakukannya UU Pengampunan Pajak atau tax amnesty.

“Melihat pergerkan nilai tukar rupiah saat ini sangatlah stabil. Jika dilihat secara year on year di Juli rupiah mengalami penguatan sebesar 4,48% dan saat ini mencapai di sekitar posisi Rp13.100/US$,” ucapnya, Rabu (27/7/2016).

Selain dorongan sentimen positif investor pada prospek ekonomi Indonesia, penguatan ini juga didorong oleh UU Pengampunan Pajak.

Faktor penguatan rupiah lainnya yaitu mulai berkurangnya ketidakpastian ekonomi akibat keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit, dan kebijakan fund rate oleh The Fed.

Sementara, penguatan rupiah berdasarkan dari sisi eksternal dipengaruhi oleh menurunnya risiko dari ketidakpastian global akibat Brexit dan fund rate. Namun hal ini tetap kita jaga untuk menjaga nilai tukar rupiah tetap berada dalam fundamental ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar