Selasa, 25 April 2017

HARGA MINYAK DUNIA MULAI MEMBAIK

SAVEHari ini, harga minyak dunia mulai bergerak naik secara perlahan, meski pasar masih mengalami tekanan yang terjadi secara berturut-turut selama mencetak enam kerugian pada saat pedagang kehilangan keyakinan. Upaya pemotongan produksi yang dilakukan oleh OPEC mulai diragukan mampu mengendalikan kelebihan pasokanglobal.

Berdasarkan dari Reuters, Selasa (25/4/2017), harga minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan naik sebesar 21 sen atau 0,4% menjadi US$49,44/barel. Sedangkan harga minyak Brent diperdagangkan di posisi US$51,83/barel, angka ini naik 23 sen atau 0,5%.

Para pelaku pasar menuturkan telah memperoleh sedikit keuntungan, setelah pada enam sesi sebelumnya sempat menurun. Walaupun pada perdagangan hari ini harga mulai naik, namun seluruh sentimen pasar telah berubah bearish ketika Brent bergerak menurun hingga nyaris 10% sejak akhir Desember, di tengah adanya upaya yang dipimpin oleh OPEC dan Rusia untuk mengurangi produksi 1,8 juta barel/hari (bph) pada awal tahun 2017 untuk mengendalikan pasar.

Selain itu, OPEC diyakini juga akan dipaksa untuk mempengaruhi, dan mungkin memperdalam perjanjian jika mereka ingin menjaga harga jauh diatas US$50/barel.

Sementara Thomson Reuters Eikon data menunjukan bahwa pengiriman minyak Rusia, yang mengecualikan pipa ekspor, telah mengalami kenaikan hingga ke posisi tertinggi dari 5 juta bpd pada bulan April, meningkat 17% sejak Desember, sebelum pemotongan resmi dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar