Senin, 15 Februari 2016

PENGUATAN RUPIAH KEMUNGKINAN MASIH BELUM MAMPU PENGARUHI NERACA DAGANGAN RI FEBRUARI













SAVE - Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tren penguatan rupiah yang mencapai sebesar 2% pada Februari 2016 masih belum mampu memberikan pengaruh banyak terhadap ekspor dan impor di bulan kedua tahun ini. Hal ini dikarenakan bulan Februari relatif lebih pendek.

Pada bulan Februari ini pergerakan rupiah terus mengalami penguatan hingga akhir minggu lalu. Bahkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sempat mengalami penguatan hingga mencapai ke sekitar posisi Rp13.300/US$.

Jika pprogram infrastruktur berjalan dengan baik dan kebutuhan impor meningkat, maka akan mendorong ekspor. Dan biasanya akan terjadi balance.

Walaupun demikian, ekspor dan impor di bulan Februari masih belum dapat diperkirakan karena surplus di bulan Januari masih terbilang kecil. Sementara pada bulan Desember lalu, neraca dagang RI sempat mengalami defisit setelah beberapa bulan lalu terjadi surplus.

Saat ini surplus berada di angka US$50 juta. Kemungkinan surplus dan defisit kedepannya akan berada di angka yang relatif kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar