Jumat, 19 Februari 2016

MERKO: BI RATE TURUN, INI LANGKAT YANG TEPAT DONGKRAK EKONOMI RI

SAVE - Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Bank Indonesia (BI) yang memutuskan untuk kembali menurunkan tingkat suku bunga BI rate merupakan langkah yang tepat untuk mendongkrak perekonomi Indonesia.

Ia menilai, langkat tersebut pantas dilakukan sejalan dengan langkah yang dilakukan pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur, percepatan pengeluaran pemerintah dan deregulasi paket kebijakan.

"Semua memang memerlukan langkah-langkah keberanian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dalam situasi ekonomi dunia yang melambat. Penurunan BI rate ini memang langkah yang tepat untuk mendongkrak ekonomi lebih stabil," ucapnya, Jumat (19/2/2016).

Keputusan ini merupakan kesepakatan antara pemerintah, BI, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan porsi masing-masing lembaga tersebut. Oleh karena itu, pemerintah segera merumuskan, apa yang dapat dilakukan untuk mendukung penurunan suku bunga BI rate tersebut.

"Jika BI mengambil keputusan dengan melakukan penurunan BI rate dan tingkat bunga fasbi rete maka pemerintah akan langsung merumuskan apa yang paling cepat dipengaruhi pemerintah dengan penurunan BI rate," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar