Rabu, 24 Februari 2016

DI TAHUN 2015 EKONOMI SINGAPURA HANYA TUMBUH DI ANGKA 2%


SAVE - Departemen Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Singapura atau Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami perlambatan. Ekonomi di negeri seribu satu larangan ini hanya bisa tumbuh di angka 2% pada tahun 2015 lalu.

Angka pertumbuhan tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan PDB 2014 yang mencapai ke posisi 3,3%. Realisasinya bahkan lebih kecil dari perkiraan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura yang diperkirakan akan tumbuh di angka 2,1%.

Harga minyak mentah yang terus mengalami penurunan ini berpengaruh terhadap perekonomian Singapura yang bergantung pada sektor perdagangan.

Perdagangan grosir, eceran, sektor keuangan, dan asuransi merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Singapura.

Pada tahun 2015 lalu, industri pengelolaan bahan mentah menjadi barang jadi (manufaktur) Singapura mengalami penurunan tajam sebesar 5,2%, setelah sempat naik di 2,7% di tahun sebelumnya./
Sementara untuk sektor konstruksi mengalami pertumbuhan di 2,5%, angka tersebut melambat dari kenaikan sebelumnya di 3,5%.

Dan di tahun 2016 ini perekonomian Singapura diperkirakan akan tumbuh disekitar 1 sampai 2%. Penurunan harga minyak dunia masih akan terus memberikan pengaruh terhadap guncangan perekonomian Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar