Selasa, 22 Mei 2018

RUPIAH MENGUAT TERHADAP YEN JEPANG

SAVEPada perdagangan siang hari ini Selasa (22/5/2018), pergerakan nilai tukar rupiah terhadap yen Jepang tercatat menguat. Penurunan mata uang yen Jepang ini seiring dengan adanya perkembangan negosiasi perdagangan antara AS dan China, yang secara tidak langsung memberikan dampak pada negara Jepang.

Pukul 14:43 WIB, yen Jepang dihargai di posisi Rp127,33. Angka ini menunjukan bahwa rupiah menguat sebesar 0,26% jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya.

Namun, penguatan rupiah ini masih belum membuat harga jual yen di sejumlah perbankan nasional turun di bawah Rp130, diantaranya yaitu Bank BCA yang menjual yen Jepang di level Rp131,27, Bank BNI mematok yen di Rp131,00, dan Bank BTN menjual yen di Rp134,00.

AS dan China akhirnya berhasil mencapai kesepakatan mengenai perdagangan. Dalam pernyataan bersama, China menuturkan bahwa mereka secara signifikan akan meningkatkan pembelian barang dan jasa dari AS. Hal ini diperkirakan dapat mendorong perekonomian dan menciptakan lapangan kerja di AS.

Saat ini perang dagang dengan China dapat ditangguhkan. Kedua negara tersebut telah menyetujui untuk tidak menerapkan ancaman pengenaan bea masuk sementara keduanya membicarakan kesepekatan perdagangan yang lebih meluas.

Pernyataan ini berhasil memberikan kesenggangan bagi pelaku pasar setidaknya untuk beberapa waktu kedepan sedangkan untuk risiko perang dagang bisa dikesampingkan.

Rish Appetite investor juga meningkat, sehingga permintaan akan mata uang yen Jepang sebagai safe haven asset menurun. Akibatnya hal ini membuat yen bergerak melemah terhadap rupiah.

#moneychangersunterjakartautara

savemoneychanger @ptsavemc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar