Selasa, 11 Juli 2017

RUPIAH MENGUAT, DI TENGAH PELEMAHAN YEN TERHADAP USD

SAVEPada pembukaan perdagangan hari ini, pergerakan nilai tukar rupiah berada di zona hijau atau menguat. Penguatan ini di tengah semakin lesunya yen Jepang terhadap USD.

Mengutip dari data Bloomberg, rupiah tercatat berada di posisi Rp13.393/US$ dan terus bergerak menguat hingga menyentuh ke posisi Rp13.381/US$ dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.398/US$.

Berdasarkan dari Reuters, hari ini USD terlihat masih bergerak menguat terhadap yen untuk melanjutkan posisi sehari sebelumnya meski sedikit mengalami penurunan, lantaran kenaikan imbal hasil obligasi terpindah sementara. Termasuk penantian investor terhadap komentah Federal Reserve Janet Yellen untuk mendapat petunjuk baru mengenai arahan kebijakan.

USD mengalami kenaikan terhadap yen Jepang sebesar 0,1% menjadi 114.160, menyusul kenaikan ke posisi tertinggi dalam dua bulan di posisi 114.300. Sedangkan euro secara efektif terhadap USD mendatar di 1,1397 setelah mengalami penurunan sekitar 0,1% pada har sebelumnya.

Investor telah mencampakan obligasi pemerintah zona euro selama dua pekan lantaran ekspektasi European Cental Bank (ECB) akan melepaskan stimulus yang lebih cepat.

Pound sedikit mengalami perubahan ke posisi 1,2880. Sedangkan dolar Australia tercatat bergerak mendatar terhadap USD di posisi 0,7606.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar