Senin, 08 Mei 2017

POTENSI PELEMAHAN LAJU RUPIAH TERUS DIWASPADAI

SAVEMeski adanya sentimen positif, namun tidak banyak memberikan pengaruh terhadap pergerakan nilai tukar rupiah dimana telah memilih untuk kembali ke zona merah.

Meski penurunan yang dialami dilihat masih sementara, namun harus tetap diwaspadai jika kembali mengalami penurunan lanjutan. Berbagai sentimen yang dapat memberikan imbas terhadap penurunan lanjutan rupiah juga tetap perlu dicermati.

Pergerakan rupiah hari ini diperkirakan akan berada di sekitar posisi Rp13.315 hingga ke Rp13.360/US$.

Pada awal pekan lalu, pergerakan IHSG sempat mengalami kenaikan di awal perdagangan, setelah adanya hasil rilis dari BPS yang menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di posisi 5,01%. Namun menjelang akhir sesi pergerakan nilai tukar rupiah kembali mengalami penurunan tipis.

Sedangkan USD cenderung bergerak turun terhadap Euro seiring dengan ekspektasi positif akan pemilihan umum Presiden di Prancis. Masih rentangnya pergerakan rupiah seiring dengan imbas pelemahan sejumlah harga komoditas, sehingga pergerakan USD terlihat menguat, meski masih melemah jika dibandingkan dengan EUR.

Sementara bertahannya tingkat suku bunga acuan The Fed pada rapat terakhirnya memberikan implikasi bahwa ada kemungkinan suku bunga akan dinaikan pada bulan Juni mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar